Thursday, July 23, 2020

Belajar C++ #3 Preprocessor dalam C++
















Pada kali ini saya akan membahas tentang preprocessor serta fungsi-fungsinya yang ada dalam C++.Saya juga akan memberikan contoh program-program sederhana yang ada dalam C++

Preprocessor

#include <iostream>
    Fungsi dari #include <iostream> atau #include <iostream.h> adalah preprocessor  pada C++ untuk menjalankan fungsi "cout" dan "cin".
    Contoh Script Program :
#include <iostream>
Void main(){
cout<<"hello";


#include <conio.h>
    Fungsi dari #include <conio.h> adalah untuk menjalankan fungsi Clrscr atau clear scren untuk membersihkan layar pada program di C++.
    Contoh Script Program :
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
Void main(){
system("cls";
cout<<"hello";

#include <stdio.h>
    Fungsi dari #include <stdio.h> adalah untuk menjalankan fungsi getch(); untuk dipakai membaca sebuah karakter yang dimasukkan tanpa perlu diakhiri menggunakan tombol enter, selain itu juga fungsi getch(): di akhir pogram untuk menahan screen layar sebelum program ditutup.Selain itu fungsi dari preprocessor #include <stdio.h> juga untuk menggunakan printf dimana berfungsi layaknya cout.
    Contoh Script Program :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
Void main(){
printf("hello");

getch()
}



Demikian lah bebrapa preprocessor yang sangat umum digunakan dalam C++.Sebenarnya ada banyak lagi preprocessor yang lain selain yang saya tuliskan diatas.Seperti :
#include <windows.h>
#include <stdlib.h>
#include <iomanip.h>
#include <string.h>
#include <math.h>
dan masih banyak lagi








1 comment:

Forum seccoid

Mengapa Developer Membenci CMS Wordpress ?   Bayu_Ajie     September 14, 2020   Mengapa Developer Membenci Wordpress ?  Hallo gayn, kali ini...