Friday, July 24, 2020

Belajar C++ #5 Perulangan / Looping dalam C++

PERULANGAN / LOOPING
    Pada kesempatan kali ini saya akan  menjelaskan tentang perulangan atau yang sering disebut juga looping.Apa itu perulangan? perulangan adalah suatu kondisi atau proses yang dilakukan berulang-ulang sampai batas yang kita tentukan.Contohnya jika kamu akan menampilkan sebuah kalimat "Hello Word"  sebanyak 10x tentu kamu harus memasukkan script cout<<"Hello Word"; sebanyak 10x.
Lalu bagaimana jika mau menampilkan 1000x tentu akan memakan waktu bukan, terlebih lagi kita harus menghitungnya apakah benar telah ditamplkan sebanyak 1000x.Nah dengan perulangan ini kita bisa mempermudah dan mempersingkat waktu.
    Dalam perulangan terbagi menjadi 3 jenis yaitu Perulangan For, Perulangan While dan Perulangan Do While.Pada masing-masing perulangan tersebut sebenarnya hampirsama akan tetapi yang menjadi pembeda disini yaitu letak stetement yang ada itu berbeda.Saya akan memberikan contoh sebagai berikut :

For

int x ;
for (x=0 ; x <5 ; x=x+1)
{
cout << "Menampilkan Sebanyak 5x";
}  

Pada program di atas memberi nama variabel sebagai x.Kemudian dituliskan for x=0 dan lanjut k x<5 jika kondisi tersebut benar maka akan dilanjutkan stetement yang dibawahnya yaitu menampilkan tulisan "Menampilkan Sebanyak 5x".Kemudian stetement akan berlanjut  x=x+1 yang artinya jumlah variabel x yang awalnya 0 akan ditambah 1, jika telah di tambah program akan berlanjut ke stetement x <5 jika jumlah x masih kurang dari 5 maka akan kembali menampilkan tulisan "Menampilkan Sebanyak 5x" program ini akan terus berjalan sampai nilai x sama dengan 5 ataupun lebih dari 5.

While

int x=0
while ( x <5)
{
cout << "Menampilkan Sebanyak 5x";
x=x+1;
}
Pada program di atas memberi nama variabel sebagai x=0. lanjut k x<5 jika kondisi tersebut benar maka akan dilanjutkan stetement yang dibawahnya yaitu menampilkan tulisan "Menampilkan Sebanyak 5x".Kemudian stetement akan berlanjut  x=x+1 yang artinya jumlah variabel x yang awalnya 0 akan ditambah 1, jika telah di tambah program akan berlanjut ke stetement x <5 jika jumlah x masih kurang dari 5 maka akan kembali menampilkan tulisan "Menampilkan Sebanyak 5x" program ini akan terus berjalan sampai nilai x sama dengan 5 ataupun lebih dari 5.

Do While

int x=0
do
{
cout << "Menampilkan Sebanyak 5x";
x=x+1;
}
 while ( x <5);
Pada program di atas memberi nama variabel sebagai x=0, ilanjutkan stetement yang dibawahnya yaitu menampilkan tulisan "Menampilkan Sebanyak 5x".Kemudian stetement akan berlanjut  x=x+1 yang artinya jumlah variabel x yang awalnya 0 akan ditambah 1, lanjut k x<5 jika kondisi tersebut benar maka akan dilanjutkan stetement atas yaitu "Menampilkan Sebanyak 5x". dan niali x telah berubah bertambah 1 setiap program tersebut diulang.



Pada Contoh Program diatas sama-sama akan menampilkan "Menampilkan Sebanyak 5x" yang berjumlah 5 hanya saja penulisannya sedikit berbeda.

No comments:

Post a Comment

Forum seccoid

Mengapa Developer Membenci CMS Wordpress ?   Bayu_Ajie     September 14, 2020   Mengapa Developer Membenci Wordpress ?  Hallo gayn, kali ini...